Meriahnya #ICITY2ndAnniversary di Surabaya

Mungkin sebagian dari kalian yang membaca judul post ini bertanya-tanya, “Apa sih itu ICITY?“. Waduh, sayang banget. Terutama jika kalian pelanggan setia Indosat. Nih, saya jelasin.

Jadi, Forum ICITY (icity.indosat.com) merupakan suatu tempat yang disediakan oleh Indosat sebagai sarana  bagi pelanggan untuk mengutarakan ide atau saran seputar layanan Indosat, juga sebagai tempat hangout seru dan berinteraksi dengan pelanggan Indosat yang lain. Asyik, kan? Jadi, pelanggan nggak perlu bingung lagi kalo pengin berbagi saran, ataupun bertanya jika terkena gangguan dari layanan. Forum yang genap berumur 2 tahun pada 12 September 2014 lalu ini, sebelumnya bernama Forum Ngobrol, yang kemudian diganti menjadi Forum ICITY (Indosat Community) pada 2013, sesuai hasil crowdsourcing semua member forum.

Jumat (26/9/14) lalu, saya mendapat kesempatan untuk hadir di acara ulang tahun kedua Forum ICITY, yang bertempatkan di Kantor Indosat Surabaya. What did I feel when I got invited? Happy, indeedSiapa, deh, yang nggak senang kalo diundang ke ulang tahun forum besar seperti ICITY. Acara dimulai pukul 16.00 WIB, tapi saya sengaja datang 1 jam lebih cepat karena ingin melihat-lihat venue dahulu.

IMG_0939 IMG_0940

Sesampainya di venue, saya langsung mengambil beberapa foto ambience di sana. Menurut saya, sambutan untuk para undangan sangat meriah! Para undangan disambut dengan balon yang berwarna putih, hitam, dan kuning yang Indosat banget di gate, dan juga dipersilahkan untuk coffee break sebelum memulai acara. Saat registrasi pun, undangan diberikan souvenir. Bagi mereka yang rajin beribadah (halah) alias hoki, diberi souvenir berupa powerbank, salah satu gadget wajib punya bagi para penggiat gadget. Bagi yang kurang beruntung, dapetnya “cuma” flashdisk. Dan bagi yang lebih kurang beruntung lagi, seperti saya, nggak dapet apa-apa. Huhu. Kemarin soalnya habis registrasi langsung ngibrit coffee break.

*jongkok di pojokan* *nangis*

Setelah itu, saya menunggu teman-teman dari dbloggersby yang belum datang. Untung aja salah satu dari mereka, Mbak Yuni, sudah datang lebih dulu. Jadi ada temennya, deh. Beberapa menit menunggu, tim dbloggersby pun lengkap sudah. Akhirnya saya menemani mereka untuk registrasi. Usai registrasi, saya diajak oleh teman-teman untuk foto di booth yang disediakan oleh panitia. Sebagai jamaah narsis yang taat, saya bisa dibilang murtad kalo nggak ikutan foto bersama. Yaudah, yuk foto!

Saya yang pake kemeja merah kotak-kotak, tuh. *benerin kerah*

Pasca kegiatan narsis, kami pun mencari tempat duduk karena acara akan segera berlangsung. Acara dibuka dengan penjelasan tentang apa itu ICITY, isinya sih kurang lebih sama seperti apa yang saya tuliskan di awal tadi. Selanjutnya, MC memanggil beberapa orang untuk menyampaikan kata sambutan bagi para member yang telah hadir di acara #ICITY2ndAnniversary ini.

IMG_0942Dodik Aryanto, Head of Sales East Java

Kata sambutan yang pertama disampaikan oleh Bapak Dodik Aryanto selaku Head of Sales East Java. Beliau menyampaikan terima kasih kepada para rekan-rekan yang telah datang. Selain itu, beliau juga menyampaikan kegembiraannya atas ulang tahun ke 2 Forum ICITY ini. Memang, tidak terasa, dalam waktu 2 tahun ini Forum ICITY telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali, lebih dari forum lainnya.

Selanjutnya, perwakilan dari Forum ICITY, Doc Prayudi yang mendapat kesempatan berbicara. Beliau berpesan kepada para member untuk menjadikan  Forum ICITY sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih baik. Beliau menambahkan, forum ICITY mempunyai kelebihan dari forum lain yaitu adanya timbal balik kepada member. Contohnya saja, Forum ICITY mengundang para member yang aktif untuk turut memeriahkan acara launching BlackBerry di HK, atau mungkin mengundang member yang aktif untuk mengikuti acara internal Indosat. Kelebihan-kelebihan ini hendaknya dapat memberikan member motivasi untuk lebih aktif di forum. Terlebih lagi, karena Forum ICITY ini satu-satunya forum sukses bentukan operator.

DSC_0009 Benny Hutagalung, Head of Community Management

Kata sambutan yang terakhir disampaikan oleh Bapak Benny Hutagalung selaku Head of Community Management. Beliau menjelaskan tentang apa itu Ooredoo (dibaca Uridu). Indosat rencananya akan berubah nama disebabkan oleh pemegang saham mayoritas Indosat, Qtel Group, ingin mengganti seluruh nama perusahaan Telco dibawah kepemilikan mereka menjadi satu nama, yaitu Ooredoo.

Bapak Benny juga menyampaikan tentang pencapaian apa saja yang telah diraih oleh Forum ICITY selama 2 tahun ini. Pencapaian yang paling signifikan adalah dari Page View. Page View Forum ICITY sudah hampir mencapai 8 juta dalam 2 tahun. Dibandingkan forum lain seperti Kaskus, ICITY mempunyai perkembangan yang sangat pesat. Member Forum ICITY sekarang berjumlah 14.400 orang, yang sebagian besar aktif dalam meramaikan Forum ICITY. Banyak orang yang mengatakan bahwa Forum ICITY berkualitas, karena meski member hanya 14.000, namun produktivitas forum hampir menyamai forum dengan member >1juta.

DSC_0008Perkembangan Forum ICITY 2 Tahun Terakhir

Setelah menjelaskan tentang pecapaian ICITY, Bapak Benny meminta masukan dari member dan rekan-rekan yang hadir tentang bagaimana nasib nama komunitas Indosat apabila nama Indosat berganti menjadi Ooredoo. Contohnya saja, ICITY. Apakah akan berubah menjadi Ooredoo Community sehingga menjadi OCITY? Atau mungkin nama tetap tetapi logo yang diganti? Berdasarkan masukan dari para member yang hadir, kebanyakan memberi untuk mempertahankan nama ICITY karena banyak yang takut akan terjadi seperti Kaskus, yang mengalami penurunan traffic secara drastis setelah berganti domain.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang apa itu ICITY Superuser. ICITY Superuser adalah rewarding program untuk member forum berdasarkan kontribusi positif dan aktivitas yang mereka lakukan untuk komunitas. Kontribusi ini meliputi: jumlah posting dan kualitas konten, tanda asyik dan solusi yang dihasilkan, interaksi positif dengan member lain, dukungan terhadap moderator forum, dan terlibat aktif dalam kegiatan promosi. Benefit yang diberikan berupa badge khusus, akses ke Superusers Lounge, menominasikan thread tertentu, dan akses istimewa untuk ujicoba pertama (seperti tes design forum dll).

DSC_0016ICITY Superusers

Superuser saat ini ada 5 orang, yaitu: Ndesso, lareawn, Prayudi, Dedi H., dan Sang pena. Karena ada halangan, salah satu dari superuser tidak bisa datang. Hanya 3 Superusers lama yang tetap menjadi Superusers periode selanjutnya, yaitu Ndesso, Prayudi dan Dedi H. 2 lainnya digantikan oleh Edward Candy dan Fandi Ahmad.

Usai menjelaskan tentang Superusers, panitia membagikan potongan puzzle yang akan dirangkai bersama menjadi sebuah gambar, dan juga sebuah cupcake untuk ritual tiup lilin. Para peserta pun bergantian memasang puzzle ke atas panggung, dan jadilah sebuah gambar orang yang sedang membawa kue beserta nomor 2 di sampingnya yang melambangkan 2 tahun berdirinya Forum ICITY. Proses pembentukan gambar melalui puzzle ini mempunyai arti bahwa ICITY tidak akan terbentuk tanpa partisipasi dari member.

IMG_0943

DSC_0021 DSC_0033

Acara selanjutnya adalah peniupan lilin oleh para Superusers dan Bapak Benny Hutagalung. Peserta juga ikut meniup lilin dari cupcake yang telah dibagikan.

DSC_0040Peniupan Lilin

IMG_0945Cupcake Dengan Lilin

Acara peniupan lilin, selesai! Para undangan dan member pun dipersilahkan untuk makan malam dan menunaikan ibadah maghrib. Menu makan malamnya beragam, lho. Mulai dari Bakso Campur, Soto Ayam, Sate Ayam sampai Siomay Bandung. Minumnya pun ada Es Manado yang menyegarkan. Sambil menikmati hidangan, para undangan dan member dipertontonkan video ucapan selamat ulang tahun kepada Forum ICITY dari Direktur Utama Indosat, Alexander Rusli.

DSC_0038Direktur Utama Indosat, Alexander Rusli

Sehabis video, member pun dihibur oleh Stand Up Comedy. Puas tertawa, sekarang saatnya deg-degan, karena telah tiba saatnya pengumuman doorprize! Jadi, saat registrasi tadi para peserta disuruh menulis Identitas di sebuah kartu yang nantinya akan diundi untuk mendapatkan doorprize. Doorprize ada macam-macam, mulai dari powerbank, earphone, 1 buah Handphone Samsung, dan 1 buah Xiaomi Redmi 1S. Dan saya pun mendapatkan… powerbank! Muahahahahaha! Meskipun nggak dapet souvenir powerbank yang cuma 2300 mah, yang penting dapet doorprize powerbank 5800 mah.

IMG_0954

Setelah pembagian doorprize, para member diajak nonton bareng The Maze Runner di Tunjungan 21. Woohoo! Semua member pun mengantri mengambil tiket di registrasi dan kemudian menuju ke Tunjungan Plaza menggunakan transport yang telah disediakan oleh Indosat. Selesai sudahlah rangkaian acara #ICITY2ndAnniversary ini.

Gimana, seru, nggak? Pasti seru, dong! Buat kamu yang belum bisa ikutan, segera daftar ke forum ICITY di icity.indosat.com biar tahu kalau ada acara-acara seru lainnya. Nggak cuma itu, kalian juga bisa mendapatkan review, dan juga bantuan jika mengalami masalah saat memakai layanan Indosat.

Terima kasih untuk Indosat yang telah mengundang saya ke acara #ICITY2ndAnniversary yang seru banget ini. Terima kasih juga untuk teman-teman dbloggersby, yang juga telah mengajak dan menemani. Tahun depan undang lagi, ya!

Sincerely,

sig

Iyori Kharisma

Related Posts...

Leave a Reply