Kabel Charger Smartphone Terbaik Versi Iyori Kharisma

Disclaimer: Post ini berdasarkan opini pribadi penulis yang nggak ngerti-ngerti amat masalah teknologi, tapi sok-sokan ngerti. Mohon jangan dicibir,┬ápenulis berperasaan sensitif ­čÖü

Oke, jadi yang benar kabel charge atau kabel charger? Auk. Bodo amat. Pokoknya kabel yang itu lho, pada tahu kan. Nah, mengalami kabel charger rusak ini memang ngebetein, apalagi waktu battery smartphone udah sekarat. Waduh, berabe. Lalu, gimana dong? Sebenarnya, ada 3 cara yang paling ampuh untuk menghindari terjadinya kejadian ini.

  1. Pilih kabel charger yang kualitasnya bagus, biar tahan lama.
  2. Dirawat dan digunakan secara baik
  3. Must have a backup! Jangan sampai saat kabel rusak, jadi gak bisa ngecharge.

Memilih kabel charger yang baik juga nggak gampang. Apalagi saat dulu saya sebagai iOS user, mencari kabel lightning yang bagus itu susah banget. Saya pun juga mempunyai mindset bahwa “kabel yang bagus itu kabel ori”, jadinya kalo rusak beli kabel bawaan Apple yang mahalnya gak karuan. Untungnya hanya kejadian sekali saja.

Setelah beberapa kejadian, akhirnya saya menemukan beberapa merk kabel charger dengan kualitas yang lumayan bagus. Nggak hanya untuk iOS, kok, untuk Android juga. Semua merk kabel yang saya sebutkan ini udah pernah saya cobain.

Vivan

Saya pertama kali mengenal Vivan pada 2013, pada saat ingin mencari powerbank dengan kualitas bagus karena akan meliput Java Jazz Festival 2013. Nggak mungkin kan lagi enak-enak meliput, harus berhenti sebentar nyari power outlet untuk ngecharge smartphone. Pada saat itu merk yang pertama kali terlintas langsung Vivan, karena beberapa orang di timeline Twitter saya banyak yang menyarankan merk tersebut. Memang, pada saat itu ASUS ZenPower dan Xiaomi Mi Bank belum ada (atau sudah ada, tp belum booming bgt).

Kabel Lightning Vivan
Kabel Lightning Vivan

Kemarin waktu kabel lightning iPhone saya rusak, kebetulan terlintas lagi merk ini karena direkomendasikan oleh teman seper-gadget-an saya, Prase. Akhirnya langsung beli dan cobain deh. Nah, buat kalian yang tidak tahu, mencari kabel lightning/kabel data untuk produk Apple itu nggak gampang. Ada yang emang bs buat ngecharge, tp begitu dicolok untuk sync ke laptop gak kebaca. Apalagi untuk iOS ini kan semua-semua harus sync iTunes, jadi ya repot kalo gak kebaca. Dengan kabel Vivan yang saya beli dengan harga 40rb ini, permasalahan di atas tidak terjadi. Lancar, semua fungsi dapat berjalan dengan baik selayaknya memakai kabel native iPhone. Untuk ketahanan, berdasarkan pemakaian saya jg sangat oke. Belum ada error sama sekali seperti “This Cable or Accessory Is Not Certified” atau error-error lain.

Remax

Saya pernah membeli kabel Remax ini dua kali, yang pertama dengan model 2 in 1 (microUSB + Lightning) dan yang lightning serta microUSB saja. Saran saya, JANGAN pernah beli yang 2-in-1, cepat banget rusaknya. Worst cable I’ve ever bought. Tetapi, yang nggak 2-in-1 sangat recommended. Designnya bagus, banyak warna, dan banyak varian harganya. Menurut saya yang harga 30rb saja sudah sangat bagus dengan model premium. Jika di foto yang saya pakai itu sepertinya yang agak murah, hehehe. Untuk lightning cablenya saya juga tidak mengalami error apapun saat connect ke iTunes/transfer data. All good.

Aukey

Aukey-logo-banniere

Merk ini terkenal karena merupakan salah satu merk yang menyandang sertifikasi Quick Charge dari Qualcomm, baik QC 2.0 maupun QC 3.0. Saya hanya mencoba untuk kabel microUSBnya saja (sepertinya juga nggak punya untuk yang lightning cable). Kualitas kabelnya bagus, premium, dan sudah support QC 2.0 dan QC 3.0. Selain kabel, powerbanknya juga sangat saya rekomendasikan. Sayang modelnya kurang cakep, tidak seperti Xiaomi Powerbank Pro.

Update: Ternyata Aukey punya Lightning Cable. And it’s good, too.

Nah, 3 merk di atas bisa kalian jadikan rekomendasi saat ingin mencari kabel charger baru. Dan kalau bisa, selalu beli 2 ya, agar selalu ada cadangan, Jadi kalo rusak nggak perlu bingung cepet-cepet cari gantinya, apalagi kalo rusaknya pas tengah malem. Bisa berabe.

Sincerely,

sig

Iyori Kharisma

Related Posts...

6 Comments

  1. Kabel ori ku yg pertama udah gak bisa gara2 aku lilitnya sm tali telepon trus yang kedua punya dari iphone sndiri aku simpen deh beli yg baru merek welcomm tapi endak sampai bbrapa bulan udah rusak. Akhirnya yang ori kedua terpaksa aku pakai eh skrang udah mau sekarat aja. Langsung beli kabel remax rekomendasi temen. Beli deh remax rc-040i warna pink, harga 40.500. Semoga awet.

    1. Untuk kabel 3rd party, remax emang pilihan terbaik saat ini Kak. Dijamin asal gak pernah ketarik atau waktu dibawa dimasukkin tas kabel ditata rapi, bisa awet. Saya pakai sudah hampir 2 tahun tidak ada masalah, baik Vivan ataupun Remax. Asal jangan yg 2-in-1, ya. ­čÖé

      1. Amin semoga awet punyaku kak. Karna menghambat kehidupan kalau charger rusak. Aku pernah beli 2in1 yg kabel gepeng gak sampai sebulan udah meninggalkan dunia. Heheh

Leave a Reply