Mau Rasakan Internet 1Gbps Seperti Google Fiber? Coba Layanan GIG!

Akhir-akhir ini memang internet yang cepat merupakan kebutuhan bagi pengguna internet di Indonesia. Sudah tidak masuk akal lagi pertanyaan “…memangnya buat apa internet cepat?” yang dilontarkan dari Menkominfo periode yang lalu. Pertanyaan bodoh. Tanpa internet cepat, kita tidak bisa menikmati konten dengan nyaman. Contohnya, tidak dapat streaming youtube dengan kualitas HD. Tidak dapat mengirim email dengan attachment besar secara cepat. Tidak dapat mendownload film ataupun TV Series (Eits, bukan berarti ilegal, lho. Rental film/beli film dari iTunes kan juga pakai koneksi Internet) dan masih banyak lagi.

Karena sekarang masyarakat menganggap internet adalah kebutuhan primer, maka provider internet (ISP) mulai menggencarkan promo dengan menawarkan harga terbaik dengan kecepatan yang terbaik pula. Ada Indihome yang menawarkan promo 10 Mbps di harga Rp 280.000 (sekarang mungkin sudah sekitar Rp 300.000), lalu juga ada First Media dengan promo 15 Mbps di harga Rp 311.000 dan MNCPlay yang sangat menggiurkan dengan bandwith upload:download 1:1. Belum lagi MyRepublic dengan paket 50Mbps dan 100Mbps dengan harga yang sangat murah!

Namun, baru-baru ini muncul lagi layanan baru dari Indosat Ooredoo, yaitu GIG. Meski pemain baru, GIG tidak main-main dengan layanan yang ditawarkan, yaitu hingga 1Gbps! Setara dengan Google Fiber!

Harga Paket GIG

Ada 4 paket yang tersedia di GIG, yaitu 15 Mbps, 30 Mbps, 100 Mbps dan juga 1 Gbps! Berikut masing-masing harganya:

Jika dibandingkan dengan layanan seperti FM dan Indihome, harga di atas termasuk mahal dikarenakan tidak tersedia layanan cable tv. Oh ya, selain itu di bawah ini merupakan beberapa fasilitas yang include dalam harga paket di atas:

Coverage

Untuk saat ini, daerah yang tercover oleh layanan ini masih sangat sedikit. Hanya beberapa wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Untuk wilayah coverage yang lebih detail bisa akses halaman ini http://gig.id/id/coverage.

Worth It Gak, Sih? Kelebihan dan Kekurangannya Apa?

Worth it? Ehmm…. mari kita bahas kekurangan dan kelebihannya dulu aja, ya.

Kelebihan

  1. Tanpa FUP. Benar-benar tanpa batasan kuota dan terus-terusan mendapat bandwith yang dijanjikan.
  2. Dapat Chromecast di semua paket! FYI Chromecast sendiri harganya sekitar 600-800 ribu rupiah.
  3. Ada layanan 1 Gbps yang tidak dijanjikan provider lain

Kekurangan

  1. Untuk sisi harga, masih terlalu mahal mengingat hanya layanan internet saja yang disediakan. Namun bagi kamu yang hanya butuh internet (ya kan TV bisa streaming, atau pakai Netflix!), tidak masalah.
  2. Coverage masih sangat sedikit.
  3. Jenjang paket terlalu jauh, seharusnya ada paket 50 Mbps juga.

Kesimpulan

…lalu, worth it gak? Subjektif sih, ya. Kalo menurut saya sih, worth it. Karena saya sendiri mengikuti tayangan TV Series dll tidak dari channel tv cable, menonton film pun sering dari Netflix. Sehingga harga Rp 400.000 untuk 15 Mbps itu sangatlah masuk akal (Jika tidak promo, FM 12 Mbps saja hampir Rp 500.000). Terlebih lagi, Chromecast merupakan pelengkap yang sangat bagus dari GIG untuk menutupi ketiadaan layanan cable TV.

Layanan 1Gbps-nya pun cukup menarik untuk dipakai di perkantoran. Tentunya saya sendiri tidak akan memakai layanan 1Gbps ini di rumah karena terlalu mahal, tidak semurah Google Fiber.

Sincerely,

sig

Iyori Kharisma

Related Posts...

1 Comment

Leave a Reply