Netflix Masuk Indonesia! Tips, Tricks, and Review.

Kalimat “Netflix and chill” mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian, bukan? Netflix merupakan provider streaming film dan serial TV asal Amerika Serikat, dan baru-baru ini mereka memasuki pasar Indonesia. Perlu diketahui bahwa layanan streaming dari Netflix ini tidak gratis. Untuk region Indonesia, diperlukan biaya berlangganan bulanan minimal 109rb rupiah. Berikut adalah paket berlangganan yang tersedia:

Untuk saat ini di Indonesia, paket yang paling menarik untuk diambil adalah Standard. Karena dapat menonton secara bersamaan di 2 device, dan mendapatkan kualitas HD yang membutuhkan minimal bandwith internet 5 Mbps. Menurut saya paket Premium kurang cocok digunakan karena Ultra HDnya bakalan sia-sia. Kecuali, kamu mempunyai koneksi internet dengan bandwith di atas 25 Mbps.

Bagi kamu yang ingin berlangganan, buruan! Ada first month free trial dari netflix yang dapat dibatalkan kapan saja. Namun, tetap dibutuhkan data kartu kredit sebagai syarat mengambil free trial. Lalu, bagaimana jika tidak punya kartu kredit? Nanti dulu, ya. Sebelumnya, kita bahas dulu review mengenai Netflix.

Review Netflix: Library dan Kualitas Video (dan subtitle!)

Pertama-tama jika membahas tentang layanan streaming adalah lengkap atau tidaknya koleksi film ataupun tv seriesnya, dan juga kualitas dari videonya. Untuk Netflix sendiri, mereka mempunyai kebijakan yaitu library tiap region berbeda-beda, dan menurut saya yang paling lengkap adalah library region U.S. Serial TVnya lebih lengkap, contohnya saja seperti Friends, How I Met Your Mother, iZombie, The Flash, dan masih banyak lagi hanya tersedia di region U.S. Untuk cara menonton Netflix melalui region U.S. dibahas di bawah, ya.

Untuk kualitas videonya, bisa dibilang lumayan lah HD-nya. Sepertinya Ultra HD lebih memuaskan, namun apadaya miskin bandwith. Dicoba di bandwith 7.2 Mbps dan juga bandwith 15 Mbps, keduanya dapat tayangan HD. Memang sih minimalnya kan 5 Mbps saja. Tapi untuk yang 7.2 Mbps terkadang masih sering turun ke SD, namun hanya sebentar. Seperti buffering gitu. Berikut beberapa screenshot saat menonton Grey’s Anatomy (hanya tersedia di region U.S. juga).

Oh iya nih, untuk masalah subtitle sementara ini semua film sudah include dengan subtitle English. Sementara subtitle Indonesia, masih tampak hanya ada beberapa saja. Mungkin hanya 1% dari library. Bagi kamu penikmat film yang kurang bisa bahasa Inggris, banyak berdoa, ya! Semoga semua film nantinya tersedia subtitle Indonesia.

Sepertinya reviewnya cukup segini aja, mari ke tahap selanjutnya. Tips and Tricks!

Cara Berlangganan Netflix tanpa Kartu Kredit

Gimana sih cara berlangganan Netflix tanpa menggunakan kartu kredit? Mudah sekali! Bagi kamu pengguna iOS Device, kamu bisa memanfaatkan iTunes Gift Card. Penulis sendiri menjual iTunes Gift Card dengan harga yang sangat murah (bandingkan saja sendiri). Bisa dicek harganya di igcmurah.net. Setelah saldo masuk iDevice kamu, langsung aja pilih paket yang kamu mau. Bisa dapet Free Trial juga, kok!

Bagi yang tidak punya, bisa pinjam device temanmu sebentar, lalu setelah langganan atau memperpanjang langganan, kamu bisa nikmatin di device Android atau device kamu lainnya. Sampai saat ini tidak ada alternatif selain iTunes Gift Card, kecuali ada teman kamu yang rela memberikan informasi kartu kreditnya.

Cara Menonton TV Series/Movies yang Hanya Tersedia di Region U.S.

Untuk cara ini sendiri sih bisa melalui layanan yang berbayar ataupun gratisan.

1. Cara berbayar

Jika menggunakan cara berbayar, sangat disarankan menggunakan layanan Unblock-Us. Layanan ini membuat kamu seakan-akan sedang ada di negara lain, padahal menggunakan koneksi di Indonesia. Buktinya saja, jika kamu speedtest kamu masih terdeteksi di Indonesia. Kelebihannya? Kamu surfing web dan juga streaming dengan real speed kamu dan juga ping yang rendah! Biaya yang dikeluarkan juga cukup murah yaitu hanya dengan $4.99 saja.

Pros: Surf and stream dengan kecepatan penuh!
Cons: harus memakai kartu kredit.

2. Cara gratisan!

Jika kamu ingin menggunakan yang gratisan, maka kamu dapat menggunakan layanan VPN dari BetterNet. Layanan ini sangat disarankan karena selain gratis, dia juga menyediakan unlimited quota. Sehingga kamu bisa menikmati layanan Netflix seharian, semaumu! Layanan ini berjalan sempurna di versi Chrome Extension, Firefox Extension dan juga untuk mobile devices (Android, iOS). Di versi Windows tidak pernah dapat location U.S., selalu Indonesia, sehingga tidak dapat digunakan untuk menonton library U.S.. Kelebihan Betternet ini easy to use, kekurangannya dia memotong real bandwith, jadi tidak bisa browsing/streaming dengan kecepatan penuh.

Selain itu, juga ada TVUnblock yang juga gratis. Cara pakai layanan ini hampir sama dengan Unblock-Us. Layanan ini lumayan bagus dan lumayan reliable. SANGAT DISARANKAN untuk memakai layanan ini. Kelebihan TVUnblock ini hampir tidak memotong kecepatan internet kalian. Kekurangannya mungkin agak ribet pakainya, sama seperti Unblock-Us.com.

*UPDATE 16 Februari 2016:

Untuk Unblock-Us dan TVunblock tidak bs digunakan di jaringan ISP Indihome, karena ada sistem force DNS. Jika ada yang bs memecahkan masalah ini, silahkan share melalui kolom komentar di bawah atau hubungi email penulis: mail@iyorikharisma.com

*Update 12 Maret 2016

Layanan TVunblock tidak lagi gratis.

Pengin Langganan Netflix, tapi Netflix Diblokir Indihome. Gimana?

Tenang saja! Jika kamu memakai cara di atas, baik yang gratisan maupun berbayar, kamu dapat bypass blokir dari Netflix. Tapi, penulis sebenarnya sudah mencoba mengakses Netflix melalui jaringan Indihome tanpa proxy dan kawan-kawan juga bisa, kok. Mengaksesnya via iPad sih, belum mencoba via web. But it’s a good news, right? Mungkin belum diblokir, atau hanya blokir alamat domain saja (sama seperti torrent. Websitenya doang diblokir, tp tetep bisa leeching).

Mungkin masalah yang perlu dipikirkan jika mengakses Netflix menggunakan Indihome hanya FUP, sih. :p

Sincerely,

sig

Iyori Kharisma

Related Posts...

4 Comments

  1. Saya sudah sempat berlangganan, urusan blokir sih bisa cari2 jalan, tapi FUPnya itu yg bikin gak kuat. Apa begitu yah jurus Telkom, blokir bisa bobol ya pakai jurus FUP.

    1. Halo, Mas Ariyadi!

      Kebetulan untuk masalah Netflix ini diblokir karena Netflix masih blm ada server Indonesianya. Jadi setiap orang yg streaming Netflix pasti menggunakan bandwith Internasional, bukan IIX. Sedangkan bandwith tersebut sangat terbatas (berbayar dan mahal), beda dengan IIX yang unlimited. Mungkin benar juga kata Mas Ariyadi mengenai FUP yang digunakan sebagai jurus biar tetap tidak bernetflix ria. Hahaha.

  2. Hi! Saya sudah menggunakan betternet untuk mengakses netflix u.s.
    Tampilan website netflix memang masih bisa dibuka, namun ketika saya mencoba menonton movies/series yang tidak tersedia di region Indonesia, netflix meminta saya untuk me-nonaktifkan proxy/vpn yang sedang saya gunakan. Do you know how to fix this? Thanks in advance!

Leave a Reply