#ngaBLOGburit Surabaya di Shangri-La Hotel Surabaya

Hari ini (20/7/2013), saya mendapatkan invitation dari Blogger Detik Suroboyo untuk mengikuti acara #ngaBLOGburit ‘blusukan’ Surabaya di Shangri-La hotel Surabaya. Kenapa namanya blusukan? Karena ternyata, saya dan beberapa insan manusia yang beruntung halah, insan manusia mendapatkan kesempatan untuk blusuk-blusuk menjelajahi Shangril-La hotel Surabaya. Sejujurnya, ini pertama kali saya mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke hotel bintang lima di kawasan Surabaya Selatan ini.

Sesuai keputusan panitia, meeting point acara #ngaBLOGburit ini adalah di Lobby Shangri-La hotel Surabaya. First impression saya saat memasuki lobby hotel adalah WOW. Lobby hotel ini benar-benar berbeda dengan hotel lainnya. Spacious. Cocok sebagai tempat temu kangen dengan kerabat yang kebetulan sedang stay di Shangri-La, atau hanya sebagai tempat kopdar saja. Terpikirkan untuk menjadikan tempat ini tempat nongkrong dengan teman, tapi mengingat budget bulanan saya yang berprofesi tidak sebagai apa-apa ini, saya lebih memilih melupakan pemikiran saya tadi.

*melipir ke warteg terdekat*

DSC_0123

DSC_0013

Tak lama setelah masuk lobby, saya bertemu dengan kakak-kakak kelas saya sewaktu SMA dahulu. Mbak Dessy, dan Mbak Bella. Setelah ngobrol ngalur-ngidul, saya bertemu dengan Mbak Juli, yang ternyata akan menemani kami semua yang beruntung ini untuk #HotelTour. Kapan lagi kan bisa lihat kamar-kamar di hotel bintang lima? Hahaha. Sambil menunggu peserta lengkap, kami diantarkan oleh Mbak Juli ke Sulawesi, salah satu meeting rooms yang disediakan hotel ini. Mbak Juli pun membuka sesi Q&A dadakan, untuk killing time kali, ya? Tapi banyak yang menarik sih dari sesi Q&A ini. Contohnya, saya jadi tahu kalau Shangri-La itu berarti Surga. Jadi, maksud dari hotel ini bernama Shangri-La itu, supaya para tamu dapat merasa seperti di surga saat stay di sini. That works? Oh, YES. Indeed!

Setelah seluruh peserta yang diundang telah hadir, Mbak Juli pun membagi peserta #HotelTour menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 akan ditemani oleh Mbak Juli, dan kelompok 2 ditemani oleh Mbak Etsa. Beruntung bagi saya karena kelompok saya ditemani oleh Mbak Etsa (dan sial untuk Mbak Etsa karena nemenin saya). Oh, iya. Saya akan membagi tour ini menjadi beberapa sesi, yaitu Health and Leisure, Horizon Club Lounge, Rooms & Suites, Meeting & Events Spaces, & Dining. Biar lebih mudah aja gitu.

Health and Leisure

First stop is Chi The Spa. Chi The Spa ini adalah salah satu signature dari Shangri-La hotel. Seluruh Shangri-La di dunia harus punya fasilitas ini. Oleh karena itu, untuk memenuhi standar Shangri-La, Chi The Spa di Shangrila hotel Surabaya ini sedang dalam masa upgrade. Yang akan ditingkatkan adalah treatment, detail dan tekhnik-tekhniknya.

DSC_0015

Karena Spa adalah salah satu cara untuk relaksasi, maka suasana Spa ini pun dibuat sangat apik. Ada beberapa benda artistik, koridor menuju ruangan-ruangannya pun juga dibuat sebegitu bagusnya. Suasana hati jadi langsung tenang. Asal nggak ada band metal mendadak lewat aja, sih. Ribut pasti. #ReviewOpoIki?

DSC_0030

Eh iya, sebelum ke ruangan Spa, kita juga bakalan melihat lapangan Tenis dan Fitness Centre di sini. Ada 3 lapangan tenis. Gratis, buat yang lagi stay di Shangri-La hotel, tentunya. Lanjut ke Fitness Centre. Bagus broh Fitness Centre-nya, tiap treadmill ada TV-nya sendiri-sendiri. Nggak bakal rebutan sama orang sebelah. Yakali ada gitu ya orang lagi fitness terus rebutan tipi. ( -___-) *geleng-geleng*

DSC_0026
DSC_0024DSC_0028

More information about Health and Leisure, click here.


Horizon Club Lounge

Next stop, kami para peserta diajak ke lantai 12. Lantai ini adalah tempat Horizon Club Lounge, lounge khusus yang hanya bisa dinikmati oleh guest Horizon Deluxe Room, Horizon Club Executive, Executive Suite, Bali Suite dan Surabaya Suite. Lounge ini biasanya digunakan untuk meeting santai para guests. Di sana juga ada cake, kopi dan teh yang dapat dikonsumsi secara gratis. Oleh para tamu Horizon Club Lounge, tentunya. Oh iya, di Horizon Club Lounge ini juga ada ruang meeting yang bisa digunakan tamu secara gratis, hanya saja waktu maksimal pemakaiannya adalah 2 jam per tamu. Jadi, nggak perlu bingung kalau mau meeting saat sedang stay di Shangri-La hotel Surabaya.

DSC_0069

DSC_0052DSC_0062
DSC_0064DSC_0065
DSC_0067DSC_0068

More information about Horizon Club Lounge, click here.


Rooms and Suites

Lanjut dari Horizon Club Lounge, kami diajak oleh Mbak Etsa untuk melihat-lihat kamar-kamar dan suites di Shangri-La hotel Surabaya. Whoa, excited. Kamar pertama yang kami kunjungi adalah Horizon Executive Room di lantai 14. Kamarnya lumayan luas, ada jendela lebar dengan city view Surabaya Selatan. Pasti oke banget kalo di kamar ini malam-malam tiduran sambil nonton TV. Kayak di film-film gitu.

DSC_0075

DSC_0073DSC_0075

Dari Horizon Executive Room, kami beralih ke Executive Suite. Bedanya dengan Executive Room, kamar ini memiliki ruang tamu, terpisah dari ruang tidur. Lebih enak deh kalo menerima tamu di dalam kamar. Ada TV dan beberapa suguhan complimentary dari Shangri-La hotel Surabaya. Overall, lebih luas dari kamar sebelumnya.

DSC_0092

DSC_0090DSC_0093

Lalu kami naik lagi ke lantai 16. Kali ini kami diajak ke Bali Suite, kamar paling mahal nomor 2 di Shangri-La hotel Surabaya. Luas? Sangat. Di suite ini ada ruang kerja, ruang tamu, ruang makan, pantry, ruang tidur, dan kamar mandi yg cukup luas. Enak banget lah kalo di sini. Tapi bahaya bahaya betah kelamaan stay di sana. Fiuh.

DSC_0084

DSC_0085DSC_0082DSC_0086

And the last stop of Rooms and Suites trip, Surabaya Suite. Suite paling besar, paling mewah, paling mahal di Shangri-La hotel Surabaya. Dekorasi dan perabotan kayu menghiasi suite ini. Elegant, classy. Suite ini memiliki ruang meeting, ruang tamu, ruang tidur, kamar mandi dan ruang rias. Pokoknya suite ini cocok banget lah kalo dibuat tempat take adegan mafia lagi mengisap cerutu. Capcus, cyin. #MafiaNgondek

DSC_0094

DSC_0101DSC_0106DSC_0107


FYI aja nih. Presiden kita, SBY, sempat stay di Surabaya suite pada kunjungan terakhirnya ke Surabaya. Wajar aja deh ya presiden pakai suite seperti ini.

More information about Rooms and Suites, click here.


Dining

Setelah kami blusukan ke kamar-kamar yang ditawarkan Shangri-La hotel Surabaya, kami yang sekali lagi beruntung karena dipandu oleh Mbak Etsa yang cantik (MENANGIN YA, MBAK. MENANGIN!) melanjutkan #HotelTour Shangri-La hotel Surabaya, untuk melihat-lihat restoran apa aja sih yang ada di hotel ini.

First stop, Desperados. Sayang sekali, selama ramadhan ini Desperados tutup. Desperados ini selain pub, juga menawarkan menu kuliner Mexican. Katanya, dekorasi di dalam pun Meksiko-Meksikoan gitu deh. Koboy-koboy begitu.

Nggak jauh dari Desperados, ada Shang Palace. Shang Palace ini merupakan Chinese Restaurant. Kesan orientalnya benar-benar kental. Tatanannya, dekorasinya. Bakalan berasa lagi makan di China, deh (((lebay))). Belum lihat menunya, tapi yang kebayang sudah mie-miean. Dan Dim Sum. Aduh. Daripada dipikirin terus malah jadi laper, lanjut aja ke restoran selanjutnya.

DSC_0112

DSC_0114

Next stop is Jamoo. Bisa dibilang, Jamoo ini berbeda dengan restoran lainnya di Shangri-La hotel Surabaya, karena menunya sangat lengkap. Dari mulai Japanese, Chinese, Italian, bahkan masakan-masakan nusantara pun juga bisa ditemukan di sini. Nah, di Jamoo ini ada 2 area makan. Indoor dan Outdoor. Jika di Outdoor, maka kita dapat langsung makan menghadap ke pool.

DSC_0118

DSC_0117

Sehabis dari Jamoo, kami melanjutkan #HotelTour ke pool Shangri-La hotel Surabaya. Bagus. Nggak heran kalau terpilih sebagai Best Hotel Pools se-Asia Pacific. Tak terasa sudah masuk waktu sholat Ashar, kami pun menyempatkan diri untuk beribadah di Musholla yang terletak di dekat pool.

DSC_0119

Pasca sholat, kami naik lagi ke lantai 2, menuju ke restoran Portofino. Portofino ini restoran yang menawarkan masakan Italia. Pertama kali masuk di restoran ini, kita bisa melihat ada rak berisikan wine. Iya, salah satu andalan restoran ini yaitu Wine-nya. Portofino hanya buka pada saat dinner.

DSC_0127

DSC_0129DSC_0130DSC_0133

Perjalanan selanjutnya yaitu Nishimura! Sudah jelas dari namanya, ini adalah restoran yang menawarkan masakan Jepang (yaiyalah, masa masakan Padang. Phew!). Yang paling menarik dari restoran ini adalah ruangan-ruangan yang disediakan di sini. Jepang abis. Begitu masuk sana tuh rasanya lagi masuk suatu restoran di Tokyo sana. Dan yang paling keren, di sini ada *Tatami-nya, dong! (*lesehannya orang Jepang gitu)

DSC_0137

DSC_0138DSC_0140
DSC_0142DSC_0144

DSC_0145

Tatami

Nah, makin bingung kan mau makan di mana kalo lagi stay di Shangri-La hotel Surabaya? Pada enak-enak semua tampaknya. Muahahaha.

*melipir ke warteg terdekat* *teteup*

More information about Dining, click here.


Meeting and Event Spaces

Sehabis melihat-lihat semua restoran yang ada di Shangri-La hotel Surabaya ini, kami melanjutkan ke trip terakhir yaitu ke Ballroom di lt 1 Shangri-La hotel Surabaya. Nah, di perjalanan ke Ballroom ini, kami melewati 2 meeting rooms di lt 2 samping lobby, yaitu Pelangi dan Nirwana. Yang Pelangi lebih besar, sih. Sekitar dua kalinya Nirwana.

DSC_0149

And now here we are, at the first floor, Ballroom! Nah, Ballroom di Shangri-La hotel Surabaya ini dapat menampung 1900 orang. Tetapi, jika itu terlalu besar, Ballroom ini bisa dibagi menjadi 3 bagian. Yaitu Ballroom A, Ballroom B & Ballroom C. Masing-masing dapat menampung sebanyak 400, 400 & 600 orang.

DSC_0151DSC_0152

Tak lupa juga, di lantai 3 juga ada 3 meeting spaces yang tersedia. Di antaranya: Sulawesi, Kalimantan dan Madura. Masing-masing memiliki luas yang berbeda. Sayang sekali tidak bisa foto Ballroom dan Meeting Room secara lengkap karena sedang dipakai acara semua.

More information about Meeting and Event Spaces, click here.

=====

So, thats the end of #HotelTour. Kami akhirnya berkumpul kembali di meeting room Sulawesi untuk menyimak presentasi tentang Shangri-La hotel Surabaya.

Presentasi akhirnya selesai setelah adzan maghrib tak lama berkumandang. Saatnya berbuka! Kami kemudian diarahkan menuju Jamoo untuk berbuka puasa. Saya dan beberapa peserta yang muslim tetap menyempatkan untuk beribadah dahulu sebelum makan-makan. Saya lupa mengambil makanan apa saja, karena jujur, saya ambil sangat-sangat banyak. Oh iya, selama bulan ramadhan bakalan ada yang nawarin Teh Tarik. Yang bikin menarik, Teh Tariknya bakalan dibuat di depan kamu. Rasanya? Enak!

Sehabis makan-makan, kami pun melanjutkan ke acara wajib di penghujung tiap acara: foto-foto. Kami akhirnya memutuskan untuk foto-foto di pool side. Sayang sekali, Mbak Etsa-nya sudah meninggalkan tempat karena ada event yang harus di-handle. Tapi tenang, masih ada Mbak Juli yang tak kalah cantik. (MBAAAK, MENANGIN MBAAAAK!)

Beberapa peserta pun mulai pamit pulang seusai sesi foto. Saya dan beberapa teman saya memutuskan untuk duduk-duduk dulu. Maklum, kekenyangan. Belum enak dibuat jalan. Malam itu saya tutup dengan memesan satu Teh Tarik lagi, lalu pamit untuk meninggalkan tempat pada Mbak Juli dan beberapa peserta yang tersisa.

Terima kasih, @dbloggersby. Mantap acara #ngaBLOGburit blusukan-nya. Ditunggu invitation selanjutnya, hahaha. Terima kasih juga untuk Mbak Juli & Mbak Etsa, dan juga Shangri-La hotel Surabaya atas kesempatan yang diberikan. Semoga sukses selalu.

 

Sincerely,

sig

Iyori Kharisma

Related Posts...

Leave a Reply